Mau Mudik Lebaran? Pastikan Rumah Aman Saat Ditinggal

0

Beliruma – Momentum mudik Lebaran merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu bagi banyak orang. Namun sayangnya, banyak orang yang lupa untuk melakukan banyak persiapan sebelum momentum itu tiba.

Tidak melulu soal bekal maupun tiket selama di perjalanan, tetapi juga perlu memikirkan bagaimana kondisi rumah yang ditinggal selama berhari-hari.

Biar perjalanan mudik tenang dan tentram, Anda wajib memperhatikan beberapa hal agar rumah tetap aman terjaga.

Berikut ini caranya:

1. Pastikan jendela dan pintu terkunci

Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan seluruh pintu dan jendela yang Anda miliki telah terkunci dengan baik.

Tutup jendela dengan gorden untuk meminimalisir kemungkinan pencuri bisa melihat kondisi rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa memasang alarm keamanan yang bisa berbunyi ketika seseorang berusaha untuk masuk secara paksa ke dalam rumah.

2. Atur lampu dan cabut barang elektronik

Untuk menghindari maling masuk ke rumah, atur lampu luar menggunakan timer agar nampak seperti berpenghuni. Ini adalah salah satu siasat mudah yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan.

Jangan lupa untuk memastikan steker barang elektronik yang tidak berfungsi selama Anda mudik, seperti TV dan kabel rol telah tercabut untuk mengemat energi dan mencegah korsleting listrik.

3. Matikan pasokan air utama

Selain listik, Anda juga harus memastikan pasokan air utama di rumah telah mati untuk menghindari kebocoran. Hal ini menjadi penting mengingat kebocoran air bisa sangat merugikan penghuni rumah, dari pengeluaran yang membengkak hingga barang elektronik yang rusak jika terkena air.

4. Beri tanda untuk kurir

Untuk memastikan keamanan barang pesanan atau surat Anda yang belum sampai hingga Anda pergi mudik, berikan penanda agar kurir menyimpannya terlebih dahulu agar bisa diambil kemudian hari. Atau, Anda bisa minta tolong kepada tetangga sekitar untuk mengambil dan menyimpannya terlebih dahulu sembari memeriksa kondisi rumah. Dilansir dari Kompas.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *